4 Teknik Rahasia Bangun Blog Jutaan Visitor Perbulan yang Wajib Kalian Praktekkan

4 Teknik Rahasia Bangun Blog Jutaan Visitor Perbulan yang Wajib Kalian Praktekkan

Sebelum saya merilis blog utama saya, saya menghabiskan waktu sekitar enam bulan guna untuk mempelajari blog paling sukses di setiap industri. Dari analisis data yang luas, saya dapat membangun blog besar yang tumbuh dengan kecepatan yang fantastis.

Hari ini, saya akan membahas 4 Teknik Rahasia Membangun Blog Jutaan Visitor Perbulan yang Wajib Kalian Praktekkan jika kalian ingin sukses sebagai seorang blogger. Jadi silahkan di bookmark dulu artikel ini dan baca berulang kali sampai paham. Tapi sebelumnya saya minta maaf jika ada tulisan dari artikel ini yang membingungkan penjelasannya, karena setiap pemahaman dan otak manusia berbeda-beda :D, Ok langsung saja!

Teknik #1
Jadilah Master dalam Riset Keyword untuk Mendapatkan Peringkat Terbaik Google

Riset keyword adalah hal penting yang harus kalian kuasai untuk melihat seberapa banyaknya kompetisi dalam sebuah keyword yang kalian targetkan pada mesin pencari seperti google. Kalian perlu meluangkan banyak waktu untuk menjadi master dalam bidang riset keyword. Inilah yang membedakan blogger pro dengan amatiran. Dan, Inilah 3 Cara Rahasia Riset Keyword Profesional yang Harus Kamu Terapkan, yang telah membantu saya menjadikan lebih dari 1.000 artikel blog saya menembus Page One Google.

1. SEMRush Keyword Research Tools
Ini adalah sebuah tools penting yang harus kalian investasikan untuk mendukung keberlangsungan blog kalian di masa depan. SEMRush adalah tool riset keyword terbaik yang saya kenal saat ini. Jika kalian punya tools lain selain SEMRush tidak jadi masalah yang penting kalian tahu konsepnya risetnya. Misalnya kalian bisa pakai juga KwFinder, Keywordtool.io, Longtail Pro, ataupun Google Adword.
semrush tool paling powerful untuk riset keyword

2. Fokuslah Pada Keyword Dengan Hasil Pencarian Google Kurang dari 100.000
Peluang blog kamu untuk masuk di Page One hasil pencarian teratas untuk setiap keyword yang hasil pencariannya diatas 100.000 pastinya akan sulit sekali. Rumus matematikanya adalah, Semakin rendah hasil pencarian Google, semakin mudah pula untuk mendapatkan peringkat teratas yang akan menghasilkan banyak sekali trafik organik ke blog kalian.

Di bawah ini adalah contoh dari hasil riset keyword "leadership Style". Kolom terakhir menunjukkan jumlah hasil Google, dan baris yang disorot adalah keyword yang berada di bawah ambang batas hasil 100.000. SEMRush memungkinkan penggunanya untuk mendownload file excel dengan semua data dari setiap keyword yang sudah kalian riset, yang akan memungkinkan kalian dapat mengidentifikasi ratusan keyword dengan cepat dan akurat untuk digunakan pada blog kalian.

Fakta Penggunaan Keyword dengan Hasil Pencarian Google Kurang dari 100.000

3. Gali Lebih Dalam untuk Menemukan Keyword Terbaik
Keyword yang tepat akan meningkatkan blog kalian dalam mendapatkan trafik lebih dari 1 juta pengunjung bulanan yang terkubur, dan kalian harus berusaha untuk menemukan itu. Berikut adalah formula riset keyword yang saya terapkan, ada 5 Langkah Mudah Riset Keyword Tertarget yang biasanya saya pergunakan dan saya terapkan di semua blog saya.
  • Brainstorm - Buat daftar setiap kata yang mungkin terkait dengan keyword yang sudah kalian target kemudian tulislah catatan. Fokuslah pada keyword yang terdiri dari satu atau dua kata. Jika salah satu keyword kalian contohnya adalah "teknik email marketing", bisa kalian parsing menjadi "email marketing".
  • Termukan Long Tail Keyword atau keyword turunan - Masukkan setiap kata dari keyword yang sudah kalian riset ke thesaurus.com untuk menemukan sinonim dari setiap kata untuk ditambahkan ke list.
  • Riset - Ketikkan setiap kata dari daftar keyword turunan yang sudah ditemukan, ke SEMRush dan download file excelnya.
  • KompilasiGabungkan semua keyword dari file yang telah kalian download di SEMRush menjadi satu file excel utama. Cukup copy paste data dari setiap unduhan ke dalam satu file excel.
  • IdentifikasiBerilah peringkat pada file excel utama dengan jumlah hasil pencarian Google dari yang paling sedikit hingga yang paling banyak. Hapus semua keyword yang dengan hasil pencarian nol, dan kalian akan mendapatkan keyword yang sudah di rangking dengan jumlah kompetisi paling sedikit. Geserlah kebawah kemudian tandai keyword yang sekiranya dapat kalian gunakan sebagai judul artikel blog kalian.

99% dari keyword yang memiliki hasil pencarian google kurang dari 100.000 adalah Long Tail Keyword atau keyword turunan. Selain lebih mudah mendapatkan page one dalam search engine google, keyword ini memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi. Gambar di bawah ini menunjukkan betapa Powerful nya Optimasi SEO Long Tail Keyword.

Fakta Penggunaan Long Tail Keyword yang Sangat Efektif

Jika kamu melakukan ini dengan benar, maka akan mendapatkan list keyword yang cukup untuk menulis postingan blog selama satu tahun depan. Yang paling penting, semua postingan dari blog kalian akan mendapat peringkat bagus di Google.

Saya sarankan buatlah 80% dari semua postingan menggunakan keyword dengan hasil pencarian google kurang dari 100.000, kemudian 20% lainnya dapat kalian gunakan untuk penamaan kategori, membuat deskripsi blog dan judul menu sidebar yang ada di sebelah kanan atau kiri blog kalian.

Teknik #2
Buat Judul Artikel yang Menarik

Setelah kalian memiliki keyword tertarget, langkah selanjutnya adalah memastikan judul postingan blog kalian unik dan beda dari blog kompetitor. Berikut adalah 3 Cara Terbaik Membuat Judul Postingan Yang Menarik yang dapat meningkatkan jumlah visitor kalian.

1. Gunakan Nomor Ganjil di Awal Judul
Orang lebih suka mengeklik judul yang mengandung angka karena mereka suka dengan postingan yang dibatasi dengan angka, dengan begitu pengunjung akan tahu isi postingan secara singkat, tidak bertele-tele dan lebih spesifik.

Fakta Penggunaan Angka Untuk Judul Postingan

Kalian bisa melihat screenshot dibawah ini, bahwa Judul postingan dengan menggunakan angka ganjil lebih banyak mendominasi peringkat pencarian Google.

Fakta Pengguna Angka Ganjil Untuk Judul Artikel
2. Masukkan Keyword yang Tepat pada setiap Judul Postingan
Jika keyword kalian adalah "real estate marketing ideas" maka kalian perlu menyimpan keyword itu bersama-sama dalam judul postingan kalian. Sebisa mungkin Jangan ubah susunannya atau meletakkan kata di antara keyword tersebut.

Kalian bisa melihat bagaimana Google lebih menyukai postingan blog yang menggunakan keyword yang sama persis, sesuai gambar di bawah ini.

Fakta Penulisan Keyword Pada Title Postingan Blog

3. Tempatkan Satu Kata sebagai Power atau Penguat Sebelum keyword
Power atau kata penguat membuat judul postingan kalian lebih menonjol dalam hasil persaingan search engine Google. Salah satu power atau kata penguat paling efektif adalah free/gratis. Misalnya adalah “13 Free WordPress Media Sosial Plugin”

Berikut adalah 180 kata penguat yang paling powerful!

Power Word Paling Emosional untuk Membuat Judul Postingan Blog

Teknik #3
Dapatkan Visitor dengan Membuat Konten yang Berkualitas untuk Meningkatkan Average Time

Google melacak berapa lama seorang pengunjung menghabiskan waktu untuk membaca postingan blog mu sampai mereka mengklik tombol kembali atau Close. Inilah faktor utama yang mempengaruhi seberapa tinggi nilai kualitas postingan mu pada peringkat pencarian Google. Berikut adalah Teknik Terbaik Untuk Meningkatkan Average Time yang saya lakukan untuk meningkatkan average time agar pengunjung betah membaca artikelmu hingga 5 menit.

#Buatlah Format Postingan yang Mudah Dibaca

1. Tidak Lebih dari 7 Kalimat per Paragraf
Jika ada pengunjung baru, mengunjungi blog kamu dan melihat paragraf yang sangat panjang, maka mereka akan pergi. Paragraf yang pendek lebih menarik bagi pengunjung baru untuk membaca postinganmu sampai habis.

2. Gunakan Headings, Number List, dan Bullets
Ketiga teknik pemformatan ini memungkinkan pengunjung menilai dan mengidentifikasi postingan blog mu apakah layak dibaca atau tidak. Setiap Headings dan subjudul harus menarik agar pengunjung ingin membacanya lebih lanjut.

3. Gunakan Font dengan Ukuran 14pt hingga 18pt
Lebih dari 80% blog dan situs berita top menggunakan ukuran font antara 14 dan 18pt. Ini lebih mudah dibaca, dan itu membuat pembaca merasa nyaman dalam membaca artikel.

4. Atur Line Spasi dengan Nilai 130 hingga 150%
Line spasi yang tepat akan membuat susunan kata-kata dalam artikel tidak terlalu ramai, lebih rapi dan lebih jelas.

5. Gunakan Teks Hitam dengan Background Putih
Banyak alasan mengapa 99% dari semua buku yang pernah ditulis menggunakan teks berwarna hitam dengan latar belakang putih, karena itu membuatnya sangat mudah dibaca. kamu bisa berkreasi dengan warna pada bagian logo dan footer blog saja agar tidak mengganggu pandangan pembaca.

Penggunaan Font Paling Populer Untuk Artikel Blog

#Gunakan Gambar/Video Berkualitas Tinggi

1. Tempatkan Video YouTube Pada Postingan
Tips terbaik adalah menggunakan satu atau dua buah video di dalam postingan untuk mendukung konten kalian. Video yang panjang durasinya antara 3 dan 20 menit akan membuat pembaca betah berlama-lama diblog kalian dan pastikan untuk hanya memilih video dari YouTube yang memiliki rasio like paling banyak.

2. Gunakan Related Tweets dengan Related Images pada Konten
Blogger amatir menggunakan stock photos dengan cara upload ke hosting, blogger pro menggunakan Related Tweets dengan gambar. Ini akan membuat konten kamu menjadi lebih hidup memberikan kesan interaktif.

3. Akhiri Setiap Posting dengan Menyertakan Gambar Infographic
Visual.ly memiliki ribuan infografis yang dapat Anda embed langsung di bagian bawah postingan blog mu. Secara otomatis Ini akan membuat pengunjung lebih lama di blog kalian. Tools lain berbasis android yang dapat kalian gunakan untuk membuat desain infografis secara gratis antara lain Canva, Flyer Maker, Spark Post. silahkan langsung saja ke Play Store untuk mendownloadnya, dan di tools tersebut sudah di sediakan banyak sekali template gratis yang bisa kamu gunakan.

Selain meningkatkan average time dalam blog kalian, postingan dengan gambar dan video telah terbukti menarik lebih banyak inbound links kedalam blogmu.

Fakta Penggunaan Media Untuk Postingan

Tulislah Artikel yang Panjang untuk Memberi Pembaca Lebih dari Sekedar Kompetisi

1. Rata-rata jumlah Kata dari Hasil Peringkat Teratas Pencarian Google adalah 2416 Kata
Google menyukai postingan yang panjang. Selain itu, postingan yang panjang berkontribusi meningkatkan waktu rata-rata baca yang lebih tinggi. Pada dasarnya, semakin banyak konten yang Anda berikan kepada mereka, semakin lama mereka akan tetap pada postingan Anda.

2. Postingan yang Panjang Berpotensi Mendapat Lebih Banyak Sosial Share
Postingan 2000 kata telah dishare sebanyak 63% lebih banyak dari postingan yang kurang dari 1000 kata.

3. Postingan yang Panjang Meningkatkan Peringkat Blog
Google menghargai blog yang secara konsisten menulis postingan panjang daripada postingan pendek. Jika kamu menulis setidaknya satu posting 2.000+ kata setiap bulan, maka semua postingan mu yang lebih pendek juga akan mendapatkan dampak peningkatan peringkat Google yang cukup drastis pada Google Rangkings.

Fakta Penggunaan Kata Panjang dalam Setiap Postingan Blog

Teknik #4
Bagaimana Mendapatkan Link yang Berkualitas yang Dapat Mengangkat Semua Postingan ke Halaman Pertama Google

Bahkan dengan semua perubahan yang dilakukan algoritma Google, inbound links masih memberikan pengaruh yang sangat signifikan dari yang lainnya. Fitur Domain-level dan page-level pada blog, baru-baru ini mendapatkan peringkat paling tinggi oleh 150 pakar SEO terbaik di dunia.

Penggunaan Domain Level Link Features

Berikut adalah 2 Cara Jitu Teknik Link Building Yang Wajib Kamu Praktekkan secara konsisten untuk mendapatkan Link berkualitas.

Desainlah Gambar Infografis dan Share Konten Terbaikmu

Teknik paling jitu link-building yang digunakan oleh perusahaan Marketing Profesional adalah infografis. Selain menjadi magnet link yang luar biasa, infografis juga mendapat lebih banyak bagian daripada jenis konten lainnya.
Penggunaan Infografis Untuk Artikel Blog

Berikut adalah 4 Cara Terbaik Menggunakan Infografis Secara Efektif untuk membangun link berkualitas tinggi.

1. Desain Bagus + Konten Bagus = Linkable Infografis
Ini adalah rumus sederhana yang wajib kamu ingat. kamu harus memiliki desain yang baik dan konten yang baik, atau tidak akan mendapatkan link sama sekali.

2. Buat Satu Infografis yang Berkualitas Setiap Bulan
Seperti kebanyakan hal, kualitas lebih unggul daripada kuantitas. Demikian pula halnya dengan infografis. Alih-alih membuat infografis yang biasa-biasa saja setiap minggu, luangkan waktu mu untuk membuat satu infografis berkualitas setiap bulan. Ini akan memberi lebih banyak waktu untuk mempromosikan infografis kamu ke blogger lain.

3. Gunakan Strategi Penjangkauan Guestografis
Sejauh ini, cara paling ini efektif untuk membuat blogger lain mempublikasikan infografis kamu dan mendapatkan back-link yang mengarah ke blogmu. Pada dasarnya, kamu harus mengirim email ke blogger lain dan menawarkan diri untuk menulis artikel pendek sekitar 300 kata unik untuk dipasangkan dengan infografis yang sudah kamu buat. Walaupun ini merupakan pekerjaan berat seorang blogger, tapi dengan cara ini kalian bisa menempatkan link ke blog milikmu dalam artikel tersebut.

4. Posting Infografis ke Visual.ly, Reddit, dan Pinterest
adalah 3 komunitas besar yang banyak digunakan blogger dalam mencari infografis baru untuk diposting di blog mereka. Dalam Pinterest, jangan lupa untuk menambahkan “[Infografis]” di akhir judul postingan. Misalnya, judul Pinterest Anda adalah 13 Teknik SEO Baru untuk Blog [Infografis]. Ini membuat pin Anda muncul di Pinterest ketika seorang blogger melakukan pencarian untuk "infografis".

Membuat Infografis Yang Efektif

Tulis Pos Statistik Desain untuk Mendapatkan Links dari Reporters

Cukup banyak Marketer Pro tahu tentang bagaimana menggunakan infografis untuk mendapatkan banyak links, tetapi sangat sedikit yang tahu tentang seberapa efektif post statistik desain dapat menarik link buat masuk ke blog kita. Lebih penting lagi, pos statistik memperoleh link 100% secara pasif.

Cara ini bekerja dengan sangat sederhana. Reporter menggunakan Google, sama seperti kita, untuk menemukan statistik yang dapat mereka gunakan dalam artikel mereka. Jika mereka menemukan postingan kita dan menggunakan statistik tersebut, maka kamu akan mendapatkan jumlah link-back yang sangat besar ke blog milikmu.

Inilah 3 Tips Rahasia Menggunakan Pos Statistik untuk mendapatkan link berkualitas tinggi dari Pengguna Google.

1. Buat Judul Postingan yang Sudah Dioptimasi untuk Google
Gunakan teknik yang sama untuk membuat judul yang berpotensi mendapatkan banyak klik yang sudah dibahas sebelumnya dalam postingan ini. Angka Ganjil + Power word + Keyword. Jika keyword kamu adalah “social media statistics” maka judul tepat adalah “25 New Social Media Statistics”.

2. Gunakan Format Bullets List untuk Mengelist Setiap Statistik
Reporter selalu pada tenggat waktu dan memiliki sedikit waktu untuk menghabiskan menyaring artikel untuk menemukan statistik. Anda akan ingin membuat daftar masing-masing statistik Anda, menggunakan peluru, dalam kelompok 6 hingga 9 statistik. Di akhir setiap grup, Anda akan menulis komentar Anda. Komentar akan memungkinkan Anda untuk memperluas jumlah kata Anda melebihi 1000 kata.

3. Buatlah Setidaknya 10 Statistik Lebih Banyak daripada Kompetitor
Sebelum kamu membuat postingan bertema statistik, silahkan buka google dan analisislah setiap judul dari 30 hasil pencarian pertama Google untuk keyword yang Anda targetkan (mis. social media statistics”). Identifikasi angka terbesar dalam Setiap judul yang muncul di pencarian dan tambahkan setidaknya 10 statistik lagi. Jika judul terbesar adalah “27 Great Social Media Statistics”, maka judul terbaik buat postinganmu adalah “37 Brand New Social Media Statistics”. Pengguna google seperti kebanyakan orang, pasti akan lebih tertarik mengklik judul dengan jumlah angka paling besar.

Saya sarankan kalian membuat daftar setiap statistik yang kemungkinkan kalian bisa gunakan untuk menulis postingan baru. Jika kalian memiliki akun media sosial, maka kamu dapat membuat postingan statistik untuk Pinterest, Twitter, Facebook, Instagram, dll.

Hingga sampai saat ini, teknik ini masih sangat powerful dan terus memberikan kontribusi besar buat blog saya. Ok, sementara cukup sekian dulu tulisan saya dan akan selalu saya update tips-tips rahasia seorang blogger profesional yang sudah terbukti mendapatkan jutaan visitor perbulan. Jadi, tetep pantau terus artikel ini dan jangan sampai ketinggalan pada Tips Seo Powerful Selanjutnya.

Best Regards,
Ustadseo

Comments